Beranda | Artikel
Amanah dalam Mendidik Anak (Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.)
Sabtu, 9 Mei 2015

Bersama Pemateri :
Ustadz Kholid Syamhudi

Kajian tema rumah tangga oleh: Ustadz Kholid Syamhudi, Lc.

Ringkasan Ceramah tentang Fiqih Keluarga

Amanah dalam Mendidik Anak

Telah kita ketahui bersama bahwa anak adalah amanah yang harus kita tunaikan dan menjadikan beban di pundak kita bersama. Dan kita dilarang oleh Allah Ta’ala untuk menghianati amanah ini. Allah Ta’ala berfirman:

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُواْ لاَ تَخُونُواْ اللّهَ وَالرَّسُولَ وَتَخُونُواْ أَمَانَاتِكُمْ وَأَنتُمْ تَعْلَمُونَ، وَاعْلَمُواْ أَنَّمَا أَمْوَالُكُمْ وَأَوْلاَدُكُمْ فِتْنَةٌ وَأَنَّ اللّهَ عِندَهُ أَجْرٌ عَظِيمٌ

“Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengkhianati Allah dan Rasul (Muhammad) dan (juga) janganlah kamu mengkhianati amanat-amanat yang dipercayakan kepadamu, sedang kamu mengetahui. Dan ketahuilah, bahwa hartamu dan anak-anakmu itu hanyalah sebagai cobaan dan sesungguhnya di sisi Allah-lah pahala yang besar.” (QS AL-Anfal [8]: 27-28)

Di dalam ayat tersebut, selain melarang hamba-hambaNya untuk menghianati Allah dan RasulNya, Allah juga melarang dari menghianati sitap amanah yang diberikan kepada mereka. Dan tentu saja anak merupakan amanah besar yang harus ditunaikan dan tidak boleh dikhianati.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:

كُلُّكُمْ رَاعٍ وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ

“Setiap dari kalian adalah pemimpin, dan setiap pemimpin akan dimintai pertanggungjawabannya atas apa yang dipimpinnya.”

Bagaimana penjelasan mengenai hal ini? Silakan download kajian yang disampaikan oleh Ustadz Kholid Syamhudi ini. Semoga bermanfaat.

Download Kajian Fiqih Keluarga: Amanah dalam Mendidik Anak

Jangan lupa untuk turut serta berbagi link download ceramah ini di media sosial yang Anda miliki, seperti facebook, twitter, google+, atau pun yang lainnya. Semoga Allah membalas kebaikan Anda dengan pahala berlimpah.


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/13575-amanah-dalam-mendidik-anak-ustadz-kholid-syamhudi-lc/